Friday, June 4, 2010

DNS Server

pengertian DNS Server
DNS adalah sebuah aplikasi sevice yang menerjemahkan sebuah nama domain ke IP Address tersebut.

Keunggulan DNS Server
1. Mudah
DNS mempermudah dalam penerjemahan sebuah alamat website. Kita tidak perlu mengingat IP address tapi cukup host name. Anda pasti akan lebih mudah mengingat http://www.yahoo.com/ atau http://www.google.com/ .
2. Konsisten
IP address bisa berubah tetapi host name tidak dapat berubah

Cara kerja DNS Server

Pada umumnya, jika client ingin menghubungkan komputer satu dengan komputer lain menggunakan host name. Lalu komputer anda akan menghubungi dns server untuk mengecek host name anda. Jika host name yang dicari sesuai dengan IP Address maka komputer anda akan terhubung dengan IP Address tersebut.
Misalnya ketika anda merequest http://www.jakartawebhosting.com/ , maka komputer anda akan menghubungi DNS Server untuk menanyakan dimana http://www.jakartawebhosting.com/ berada.
DNS Server akan mencari ke lokal database. Jika tidak ditemukan, maka DNS server akan menghubungi Root Server letak domain .com itu berada.
Root server akan memberitahu IP address dari server DNS dari http://www.jakartawebhosting.com/ Kemudian DNS server lokal akan mengontak server DNS yang mengelola http://www.jakartawebhosting.com/ . Kemudian DNS server tersebut akan memberitahu IP address dari http://www.jakartawebhosting.com/.
Tetapi jika kita sudah mengetahui IP address tetap komputer yang ingin dituju, kita tinggal memasukkan IP address tersebut , maka Anda akan langsung tertuju pada komputer tersebut. Dan DNS Server tidaklah berfungsi pada proses kerja ini, karena Anda langsung mengetik IP Address nya.







Informasi terkait
Web Hosting
IP Address
Web Server

2 comments:




  1. I such a lot unquestionably will make sure to do not disregard this website and give it a look regularly.
    offshoreservers net

    ReplyDelete
  2. I’m starting a blog soon but have no coding knowledge so I wanted to get guidance from someone with experience. Fire Alarm Control Panel Price in Pakistan

    ReplyDelete