Tuesday, June 1, 2010

FTP (FTP Server)


I. FTP
FTP (File Transfer Protocol) merupakan sebuah protokol yang digunakan untuk bertukar atau mentransfer data file dari komputer satu ke komputer yang lain.
FTP hanya melakukan dua cara kerja, yaitu download dan upload. Download yang berarti mengambil data atau file, sedangkan upload yang merupakan unggah sebuah data atau file.
Sebuah FTP selalu membutuhkan atau tergantung kepada IIS( Internet Information Services)

II. JENIS FTP
FTP memiliki dua jenis, yaitu FTP server dan FTP client. Dalam keja FTP harus memiliki kedua jenis tersebut agar dapat berlangsung proses transfer dengan komputer yang lain.
FTP Server merupakan sebuah server yang menjalankan sebuah software dalam memberikan layanan tukar menukar atau transfer yang diminta oleh client
FTP Client merupakan sebuah client yang ingin menjalankan proses tukare menukar atau transfer data file dengan meminta ijin dan tolong kepada server. Jika dapat terhubung dengan FTP Server, maka client dapat melakukan download dan upload.

III. FTP HOSTING
Dalam jaman era internet sekarang ini, internet merupakan salah satu cara yang termudah dan terpraktis dalam melakukan transfer atau tukar menukar data file.
Sebuah perusahaan kecil maupun perusahaan yang besar, akan membutuhkan Web hosting atau layanan hosting sebagai FTP server anda untuk dapat melakukan transfer data dari client. Layanan hosting sangat penting dalam dunia bisnis online sekarang ini. Layanan hosting pada sebuah web hosting provider memberikan anda untuk tukar menukar dan transfer data file dari komputer satu ke komputer lain. Proses inilah yang disebut sebagai FTP Hosting

IV. FTP SERVER
FTP Server bertujuan untuk :
1. Tempat penyimpanan data file dari user atau client
2. Transfer data dari komputer satu ke komputer yang lain dengan lebih efisien
3. Untuk mensharing data


Contoh FTP Server:
ALFTP -> Windows FTP -> server pribadi
BPFTP Server -> Windows -> Mendukung semua versi Windows, termasuk XP / Vista dan Server 2003/2008
Cerberus FTP Server -> Windows
Crush FTP Server -> Windows, LInux, dsb
FileZilla Server -> Windows (Open Source)
Pure FTP-d -> Windows, Linux.
Bftpd ->Windows, LInux, dsb
ProFTPD ->Windows, LInux
Slim FTPD -> Windows (Open Source)
Vsftpd -> Windows, Linux
Wuftpd -> Windows, Linux


Salah satu contoh FTP server yang bekerja pada windows adalah FileZilla.
FileZilla Server merupakan FTP Server pada platform Windows Yang Open sourve.
FTP Server ini dapat mentransfer data dari komputer satu ke komputer lainnya tanpa menggunakan e-mail atau internet server.
FileZilla juga merupakan sebuah FTP Server yang baik, mudah diatur dan tidak menuntut pada aplikasi dan administrasi FTP server itu sendiri.
Untuk mendapatkan FileZilla, Buka http://filezilla-project.org/

Jika anda ingin mempunyai sebuah FTP server untuk layanan hosting, anda dapat memasuki JakartaWebHosting untuk menjadikan FTP Server anda.
Dengan menggunakan layanan hosting FTP Hosting, anda akan lebih mudah untuk bertukar data dari anda kepada client atau vendor anda. Dengan menggunakan FTP Hosting, anda juga akan mendapatkan berbagai keuntungan dalam segala hal. Misalnya, Anda tidak perlu menghabiskan waktu dengan menginstall sebuah FTP Server.
Sebuah web hosting provider yang baik akan memiliki dua FTP server pada platform yang berbeda. FTP hosting pada Windows Hosting dan FTP hosting pada Linux Hosting.





Informasi terkait
Web Hosting
Web Hosting Provider
Windows Hosting
Linux Hosting

1 comment:

  1. The website loading pace is incredible.webcare360.com It seems t
    hat you’re doing any distinctive trick. Also,

    ReplyDelete