Monday, May 31, 2010

FTP

Apa kepanjangan dari FTP?
FTP merupakan singkatan dari File Transfer Protocol. FTP dapat juga disebut sebagai sebuah protokol yang digunakan untuk mentransfer sebuah file. FTP dapat digunakan untuk upload dan download sebuah file.

Di jaman era internet sekarang ini, internet merupakan salah satu cara terpraktis dan termudah dalam tukar menukar file, mengambil file, mengunduh file, dan mentransfer file.
Baik dalam perusahaan kecil maupun perusahaan besar, selalu membutuhkan web hosting atau layanan hosting untuk dapat berhubungan dengan client. Layanan hosting sangat penting dalam dunia bisnis online sekarang ini. Web hosting atau layanan hosting memberikan anda untuk dapat memindahkan atau mentransfer file dari komputer anda ke komputer yang lain. Proses transfer dengan layanan hosting disebut juga FTP hosting.

Keuntungan dalam menggunakan FTP
Keuntungan FTP dapat dibagi menjadi 2 pokok utama, yaitu :
1. Efisien dalam pengiriman dan pengambilan file.
Hanya dengan menggunakan layanan jasa internet, Anda dapat mengambil dan mengirim file ke manapun.
Dengan layanan hosting atau web hosting server, Anda tidak perlu cemas atau bingung dengan pengiriman dan pengambilan file akan ukuran yang besar. Layanan hosting atau web hosting server mengijinkan anda untuk mengirim file ke client dengan ukuran yang besar serta dalam bentuk file apapun.
2. Keamanan pribadi
Dengan pengiriman via internet, masalah pribadi yang khusus diperuntukan kepada satu orang tidak akan terpublikkan karena anda hanya mengirim kepada komputer yang tertuju tanpa sepengetahuan komputer lain.
Sama halnya seperti FTP hosting yang memberikan keamanan dalam pengiriman file kepada client yang tertuju. Web server atau web hosting server akan memberikan keamanan pribadi kepada anda.

Perbedaan antara mentransfer file menggunakan E-Mail dengan FTP hosting
Persamaan antara pengiriman via E-Mail dengan FTP hosting jelas untuk mengirim file atau data dari komputer satu ke komputer lain dan menerima file atau data dari komputer lain ke komputer anda.
Pengiriman maupun penerimaan file menggunakan E-Mail dan dengan menggunakan FTP hosting memiliki perbedaan yang cukup jelas. Salah satu perbedaan yang paling mencolok adalah size yang akan dikirim dan diterima sebuah file.
Dalam pengiriman via E-Mail, sebuah data memiliki kemungkinan terkecil untuk dapat berhasil. Biasanya, pengiriman dengan size yang besar akan gagal atau membuat E-Mail kita menjadi sedikit lamban.
Sedangkan dengan pengiriman atau dengan penerimaan sebuah file menggunakan FTP hosting akan menjadi lebih mudah dan tidak tergantung pada size file tersebut. Pengiriman menggunakan FTP juga lebih cepat dibandingkan dengan pengiriman via E-Mail.
Jadi, jika anda hanya akan mengirim data dengan size yang kecil, maka anda tidak perlu menggunakan FTP. Tetapi jika anda ingin mengirim file dengan size lebih dari 1Mb, anda disarankan menggunakan FTP untuk mempermudah dan mempercepat.
Selain pebedaan antara size dan kecepatan, perbedaan antara via E-Mail dengan FTP hosting adalah biaya. E-Mail merupakan pengiriman dan penerimaan file secara gratis, sedangkan FTP merupakan pengiriman dan penerimaan file dengan metode pembayaran.

FTP hosting juga banyak digunakan untuk pembuatan sebuah sistem hosting atau program hosting. Contohnya adalah :
1. PHPBB hosting
2. BlogEngine.NET hosting
3. SMF Forum hosting
4. Kentico hosting
5. Zen Cart hosting
6. Umbraco hosting
7. Dll





Informasi Terkait
FTP Server
Web Hosting
Web Hosting Provider

No comments:

Post a Comment