Wednesday, May 19, 2010

SITEFINITY DAN DOTNETNUKE

SITEFINITY DAN DOTNETNUKE

Apa itu Sitefinity?
Sitefinity merupakan platform untuk pembangunan sebuah website atau boleh dikatakan sebagai Konten Management System versi ASP.NET. Untuk keterangan lebih lanjut, anda bisa mencheck web sitefinity secara langsung di http://www.sitefinity.com/

Kenapa Memilih SiteFinity sebagai CMS?
Apabila anda adalah seorang programmer ataupun anda mengerti tentang bahasa pemograman asp atau asp.net, maka SiteFinity adalah sebuah CMS yang sangat cocok untuk anda. Anda bisa memprogram sendiri module module ataupun tweaking fitur fitur yang ada di CMS tersebut dengan bahasa pemograman ASP. SiteFinity hanya bisa diinstall dan digunakan di server yang berbasis Windows dan berplatform ASP.NET.

Cara Instalasi SiteFinity
Anda bisa dengan mudah menginstalasi SiteFinity hanya dengan mengdownload file nya di website sitefinity di http://www.sitefinity.com/. Sebelum instalasi di PC anda, anda harus memastikan bahwa PC anda mempunyai OS setidaknya Windows XP ,Windows Vista ataupun Windows 7.
Anda juga mesti mempunyai IIS (Web Server) setidaknya versi 5 ke atas dan mempunyai .NET Framework versi 2 di mesin anda. Instalasi SiteFinity di PC anda sendiri memang akan sedikit susah jika anda tidak mengerti tentang teknologi Web Server dan .NET. Cara yang paling mudah untuk langsung bereksperimen dengan SiteFinity adalah dengan membeli paket Hosting yang mengsupport penginstalasian SiteFinity. JakartaWebHosting adalah perusahaan yang mengkonsentrasikan diri di jasa Web Hosting selama lebih dari 5 tahun dan memiliki paket Windows Hosting dan Linux Hosting. Untuk SiteFinity Hosting, anda membutuhkan paket Windows Hosting dan membutuhkan setidaknya satu Database MSSQL di dalam hosting plan anda.


Apa itu DotNetNuke?
DotNetNuke merupakan salah satu CMS yang berdiri dibawah Microsoft yang Open Source.
Bahasa pemograman DotNetNuke menggunakan ASP.NET. Untuk keterangan lebih lanjut, anda dapat mengcheck situs http://www.dotnetnuke.com/

Bagaimana cara kerja DotNetNuke?
DotnetNuke didukung oleh bahasa pemograman ASP.NET dan MSSQL
DotNetNuke membutuhkan web server yang mampu menjalankan ASP.NET 2.0 atau lebih. DotNetNuke juga membutuhkan database seperti MSSQL dan Windows hosting.
Windows Hosting dan paket paket DotNetNuke hosting dapat anda temukan di berbagaiweb hosting provider. JakartaWebHosting adalah salah satu Web hosting provider yang menyediakan paket Hosting serta Windows Hosting

Perbedaan Antara SiteFinity dengan DotNetNuke
Perbedaan SiteFinity dan DotNetNuke sama halnya seperti perbedaan antara Joomla dan Drupal. SiteFinity dan DotNetNuke sama sama berdiri oleh Microsoft dan menggunakan bahasa ASP.NET . Namun yang membedakan SiteFinity dan DotNetNuke adalah fiturnya. Kebanyakan orang lebih memilih DotNetNuke daripada SiteFinity karena DotNetNuke Open Source atau free sedangkan SiteFinity masih dalam sitem pembayaran.

Keunggulan dari SiteFinity dan DotNetNuke
SiteFinity dan DotNetNuke awalnya memiliki keunggulan yang sama. Yaitu CMS yang menggunakan bahasa ASP.NET. Jadi, SiteFinity dan DotNetNuke memiliki keunggulan yang dapat mudah dimengerti dan dipelajari


  • SiteFinity
  • 1. Mudah dimengerti
    2. CMS yang populer
    3. Didukung beberapa database.
    4. Dapat mengubah template atau themes.
    5. Terdapat modul seperti blog, polling, dll
    6. Mudah dikenal search engine


  • DotNetNuke
  • 1. gratis (Open Source)
    2. Lebih dikenal masyarakat
    3. Mudah digunakan
    4. Aplikasi dalam DotNetNuke semakin berkembang

    SiteFinity dan DotNetNuke memiliki beberapa ciri yang hampir sama seperti Joomla dan Drupal. Hanya yang membedakan yaitu bahasa pemograman dan Perusahaan yang mendirikan. Untuk siteFinity dan DoteNetNuke dibawah Microsoft. Sedangkan Joomla dan Drupal dibawah Linux. Bahasa pemograman nya sudah pasti berbeda. SiteFinity dan DotNetNuke menggunakan ASP.NET. sedangkan Joomla dan Drupal menggunakan PHP .




    Informasi terkait
    Sitefinity Hosting
    DotNetNuke Hosting
    ASP.NET Hosting
    Windows Hsoting

    1 comment: